Peredam Suara Ruangan

May 6, 2015 | | 5 comments

Peredam Suara I Peredam Suara Ruangan I Bahan Peredam Suara I Pembuatan Studio Musik I Karaoke I Peredam Dinding Kamar Rumah Apartemen I Peredam Suara Terbaik I Rockwool I Glasswool I Greenwool I Healthywool I Biaya Jasa Pasang Peredam Suara

Berbicara mengenai peredam suara, maka biasanya kita membayangkan ruangan yang tenang, sepi dan tidak banyak suara muncul di telinga kita sehingga membuat suasana hati menjadi nyaman. Kebisingan bisa menjadi penyebab stress dan kegelisahan seseorang akibat suara yang berbagai macam muncul ke telinga dan merusak suasana hati dan pikiran. Maka menciptakan ruangan yang memiliki bahan peredam suara akan sangat membantu. Jika di pedesaan, peredam suara tidak diperlukan sementara di perkotaan masalah kebisingan bisa terjadi selama 24 jam dan  7 hari seminggu. Artinya setiap waktu kebisingan selalu melanda telinga dan pikiran kita.

Peredam suara diciptakan untuk mewujudkan ketenangan ruangan atau menciptakan suasana rumah dan kantor yang nyaman selain juga menambah nilai akustik suara yang kita ucapkan. Maka bahan peredam suara juga beragam mulai dari yang alami, sintesis, dan sebagainya. Umumnya bahan peredam suara diciptakan untuk menciptakan ruangan kedap suara agar suara tidak masuk ke dalam ruangan dan suara di dalam ruangan tidak bocor keluar.

MS4

Peredam suara pada dasarnya adalah bahan yang berfungsi untuk meredam suara yang keluar dari dalam sebuah ruangan, tentu saja suara yang keluar tersebut adalah suara yang bising misalnya suara studio musik. Untuk menciptakan ruang kedap suara, maka kita memerlukan bahan peredam suara ruangan. Saat ini bahan peredam suara ruangan banyak beredar dipasaran baik yang berkualitas bagus dan bermerek, sampai dengan bahan peredam suara yang tidak bermerek alias tidak bagus.

Bahan peredam suara ruangan yang umum digunakan adalah glasswool, rockwool, greenwool, healthywool, softboard dan lainnya termasuk bahan peredam suara dari busa semprot. Harga bahan peream suara tersebut berbeda beda tegantung dari jenis dan kualitasnya. Namun umumnya bahan peream suara semprot adalah bahan peredam suara yang cukup mahal  meski efektif dan cepat pemasangannya.

Peredam suara sangat diperlukan dalam ruangan seperti ruangan studio music, perkantoran dan rumah. Untuk itu dalam memilih bahan untuk peredam suara sangat diperlukan pemilihan yang teliti terutama pada bahan yang digunakan untuk hasil yang sesuai dengan keinginan. Pemilihan bahan peredam suara nya pun juga harus disesuaikan dengan keadaan ruangan, misalnya dilihat dari gema pada ruangan, baik dari segi level gema, frekuensi gema serta waktu gema nya.

Selain hal tersebut di atas, peredam suara masih sangat banyak jenis dan fungsinya. Pemasangan peredam suara pun tidak hanya pada dinding ruangan, namun juga dapat dipasang pada plafon ruangan itu sendiri, misalnya saja seperti peredam suara jenis acourete board yang biasanya dipakai pada ruangan kelas di sekolah-sekolah.

Peredam suara ruangan umumnya digunakan untuk menciptakan ruangan kedap suara seperti studio musik, studio rekaman, ruang karaoke, ruang doa, rumah ibadah, dinding kamar rumah apartemen, atap gedung atau plafon, studio game, ruang rapat atau ruang meeting, ruang conference call, ruang genset dan sebagainya. Penerapan bahan peredam suara dapat bermacam macam dan digunakan beraneka ragam kebutuhan tergantung dari keinginan si pemilik. Namun tujuan dipasangnya peredam suara adalah menciptakan ruangan kedap suara yang tenang dan tidak menggangu lingkungan sekitar.

Orang awam memahami peredam suara sebagai bahan peredam suara yang mampu menciptakan ruangan yang nyaman dan bebas dari suara. Padahal peredam suara diistilahkan sebagai Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material berbeda dengan peredam gema yang biasanya muncul ketika ruangan sudah dipasang peredam suara namun salah dalam instalasinya.

Menurut Joko Sarwono (https://jokosarwono.wordpress.com), Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Kinerja bahan kedap suara ini akan dipengaruhi oleh frekuensi suara yang memaparinya, dalam artian sebuah bahan dengan ketebalan tertentu akan menjadi bahan kedap suara yang baik di frekuensi tinggi tetapi buruk pada frekuensi rendah, atau sebaliknya. Kalau dibayangkan sebagai sebuah ember, bahan kedap suara adalah ibarat dinding ember yang tidak memiliki kebocoran (air tetap tinggal di dalam ember). Penggunaan bahan ini adalah untuk kebutuhan orang yang berada dalam ruangan sekaligus yang berada di luar ruangan. Besaran akustik yang mewakili kinerja bahan ini adalah Rugi-rugi Transmisi atau Transmission Loss (TL, fungsi frekuensi) dan terkadang diwakili oleh besaran angka tunggal Sound Transmission Classs (STC), atau besaran lain yang sejenis misalnya Rw. Semakin tinggi STC, pada umumnya semakin baik bahan tersebut bekerja menahan energi suara (dengan catatan, spektrum TL nya perlu diperhatikan, karena STC hanya dihitung berdasarkan frekuensi 125 – 4000 Hz, sehingga tidak menunjukkan kinerja di luar range frekuensi tersebut).

Bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Ada berbagai tipe bahan ini, misalnya tipe bahan berpori (untuk suara dengan frekuensi menengah sampai tinggi), tipe panel (frekuensi menengah-rendah), tipe resonator (frekuensi rendah), tipe perforasi mikro (frekuensi tertentu). Penggunaan bahan ini semata untuk kebutuhan pengguna di dalam ruangan, agar mendapatkan medan suara sesuai dengan fungsi ruang (misalnya ruang biosk0p harus memiliki permukaan penyerap yang dominan karena diharapkan pengguna mendengarkan suara langsung saja dari loudspeaker terpasang, sedangkan ruang konser simphony memerlukan bahan penyerap sesedikit mungkin karena diharapkan energi suara dari panggung bertahan selama mungkin tanpa mengurangi intelligibilitynya).

Jadi jika kita mau memasang peredam suara ruangan, maka diperhatikan banyak hal terutama tujuan dan fungsi dari ruangan yang akan dipasang peredam suara, volume luas ruangan, bahan material yang akan digunakan, letak atau lokasi ruangan dan sebagainya. Mengetahui hal tersebut menjadi patokan akan treatment yang akan dilakukan terhadap ruangan tersebut. Bisa jadi treatment akan berbeda beda. Misalnya untuk ruangan studio bermain musik berbeda dengan ruangan studio rekaman dan bisa berbeda dengan ruangan kelas siswa. Hal inilah yang perlu diperhatikan.

Jadi peredam suara ruangan bukan sekedar memasang bahan peredam suara saja, melainkan harus mengetahui fungsi ruangan, bahan yang hendak dipakai, tingkat kekedapan suara yang mau dicapai dan lain sebagainya.

Kami sebagai jasa pembuatan ruang peredam suara, jasa pasang bahan peredam suara adalah kontraktor peredam suara berpengalaman yang membantu anda menciptakan ruangan berperedam suara dengan treatment yang tepat, pemilihan bahan peredam suara yang bagus dan berkualitas, desain ruangan yang menarik serta menciptakan ruangan kedap suara dengan tingkat sound meter yang diinginkan.

Kami terbiasa menyediakan bahan peredam suara ruangan dan bahan peredam gema serta konsultan peredam suara ruangan untuk kepentingan studio musik, studio rekaman, dinding kamar rumah apartemen, peredam atap plafon, ruang karaoke keluarga, ruang rapat, ballroom, aula, ruang kelas, loby hotel dan sebagainya. Silahkan hubungi kami sebagai konsultan peredam suara yang siap membantu anda. Terimakasih.

PEREDAM SUARA

Incoming search terms:

Please follow and like us:

Posted in: Peredam Suara Ruangan | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

5 Responses

  1. I was just looking at your Peredam Suara Ruangan | PEREDAM SUARA RUANGAN I BAHAN PEREDAM STUDIO I HARGA PEREDAM KARAOKE I JASA PASANG PEREDAM SUARA I PEREDAM DINDING KAMAR RUMAH APARTEMEN I BIAYA PEMBUATAN PEREDAM SUARA I ROCKWOOL I GLASSWOOL I GREENWOOL I HEALTHYWOOL I TELP: 0853 1990 6869 ; 0819 3298 5325 Email: reko.handoyo@gmail.com site and see that your website has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you don’t already know… There is a website network which already has more than 16 million users, and the majority of the users are interested in topics like yours. By getting your website on this network you have a chance to get your site more popular than you can imagine. It is free to sign up and you can read more about it here: https://spna.ca/1pvm – Now, let me ask you… Do you need your site to be successful to maintain your way of life? Do you need targeted traffic who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your website? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your site on the network I am talking about. This traffic network advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything at all. All the popular websites are using this network to boost their readership and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That’s how running a successful site works… Here’s to your success! Read more here: http://digitalvikn.com.br/u/nk00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *