Peredam Suara Partisi Ruangan

Sering kali kita menemukan solusi yang cepat untuk membuat sebuah ruangan kelas atau kantor dan sejenisnya yaitu dengan membuat partisi ruangan. Namun ternyata partisi ruangan kelas atau kantor ini tidak hasilnya tidak diharapkan karena suara pembicaran masih bocor, langkah kaki masih terdengar dan kebisingan dari luar bisa masuk kedalam ruangan dan sebaliknya. Lalu apa masalahnya?

Kebocoran suara pada parisi ruangan bisa disebabkan 2 faktor: pertama, tidak adanya peredam suara pada partisi ruangan. Kedua, meski sudah diberikan peredam suara ternyata masih bocor akibat salahnya pemasangan teknik insulasi suara pada partisi ruangan. Jadi kedua masalah ini yang sering kita temui dilapangan bagi mereka yang kurang faham.

Membuat ruangan dengan sekat partisi dengan mengharapkan adanya kekedapan suara dalam ruangan tentu mengharuskan kita memastikan kekuatan partisi ruangan untuk memblok suara baik dari luar ruangan maupun dari dalam ruangan. Maka teknik insulasi suara perlu diterapkan pada kasus ini. Pada kasus partisi tidak adanya peredam suara tentu sangat tidak mungkin kita mengharapkan adanya ruangan kedap suara tanpa peredam suara partisi. Maka pembuatan partisi ruangan tanpa peredam suara akan menghasilkan ruangan yang suaranya bocor kesana kemari.

peredam partisi

Pada masalah kedua yaitu partisi ruangan sudah diberikan peredam suara ternyata masih bocor, maka kemungkinan besar tidak adanya teknik insulasi suara pada proses pemasangan peredam suara partisi ruangan tersebut. Kekedapan suara ruangan didapatkan secara maksimal hanya dengan melakukan treatment pada ke empat sisi dinding, plafon, jendela, pintu dan lantai. Treatment pada semua sisi tersebut akan menghasilkan kekedapan suara maksimal yang diharapkan bisa mencapai 95%. Namun menghilangkan salah satu sisi saja dapat menyebabkan kebocoran suara baik dari struktur maupun dari bidang pengantar.

Umumnya dari kita kurang memahami teknik insulasi suara yang rada rumit dan tentu buntutnya akan berbiaya besar. Kebanyakan dari kita akan berkata “yang penting gak bocor aja pak”. Statement umum yang perlu diklarifikasi dan dirinci lebih detail. Karena tidak bocor itu juga harus ditentukan frekuensinya. Jika memang tidak bocor sama sekali seperti persyaratan recording studio, maka mau tidak mau kita harus menerapkan prinsip insulasi suara dengan baik dan benar. Sebaliknya pengertian tidak bocor orang awam akan berbanding lurus dengan biaya yang lebih murah dengan kualitas sama dengan teknik insulasi suara pada recording studio atau setingkat lebih rendah. Disini masalah kemudian muncul, yaitu berapa tingkat kebocoran suara yang dapat ditoleransi? Jika fungsi ruangan digunakan untuk rapat, dan lingkungan sekitar memiliki sumber suara hanya suara orang dan kaki, bisa jadi kita mudah mengatasinya. Berbeda jika ruangan berada dekat dengan kereta api, jalan raya, pabrik dan sebagainya yang memiliki frekuensi tinggi dan kontinue, maka partisi ruangan mau tidak mau mengikuti kaidah insulasi suara yang baik dan benar.

Setiap lokasi ruangan partisi akan berbeda treatment tergantung dari banyak faktor. Bisa jadi faktor keinginan dari pemilik ruangan, faktor anggaran biaya, faktor kebisingan suara, faktor fungsi ruangan, faktor struktur bangunan dan sebagainya. Maka membuat partisi ruangan kedap suara harus dianalisa dulu dari semua sisi sehingga kami sebagai kontraktor peredam suara memiliki gambaran jelas mengenai apa yang  anda kehendaki atau anda katakan dengan bahasa ” yang penting gak bocor pak”. Dengan demikian kesamaan persepsi akan didapatkan setelah kejelasan ini didapatkan.

Sebagai konsultan kontraktor peredam suara berpengalaman, kami tahu bagaimana membuat partisi ruangan kedap suara baik untuk ruang karaoke, ruangan kelas, kantor, kamar tidur dan sebagainya dengan teknik insulasi suara yang baik dan benar. Hubungi kami untuk informasinya. Kami melayani area Jabotabek dan seluruh Indonesia. Terimakasih. Suwun, Arigato, Kamsia ya!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *