Membuat Ruangan Peredam Suara, Mudahkah?

Jun 8, 2017 | | Say something

Banyak orang ingin membuat ruangan kedap suara dengan bahan peredam suara baik untuk keperluan karaoke room, studio musik, studio radio bahkan ballroom dan kamar tidur. Banyak kita dengar dari calon klien berkata “yang penting gak bocor”. Kemudian sebagai jasa peredam suara kita melakukan analisa dan survey untuk memastikan istilah tidak bocor tersebut dapat diwakilkan dari bahan peredam suara yang digunakan dan teknik insulasi suara yang diterapkan. Maka hasilnya adalah ruangan berperedam suara sesuai keinginan “yang penting tidak bocor tadi”.

Namun membuat ruangan peredam suara bukanlah hanya sekedar memasang bahan peredam suara saja di dinding, plafon, lantai dan interiornya. Saya pernah melihat sebuah perusahaan interior membuat ruangan karaoke dengan peredam suara, namun si klien harus menelan pil pahit karena suara yang dihasilkan dari speaker ternyata sangat bocor kemana mana. Setelah dianalisa masalah muncul yaitu tidak adanya analisa yang benar dari konsultan interior ini sehingga bahan material yang digunakan dan ketebalan material tidak dapat membendung suara karaoke room diatas sekitar 100 decibel. Tetangga jadi komplain karena sangat terganggu. Ternyata konsultan interior ini mencoba masuk ke ranah bisnis ruangan peredam suara tanpa memahami mengenai peredam suara itu sendiri. Bahan yang digunakan juga bukan bahan yang mampu memblok suara dan teknik yang digunakan juga salah besar. Alhasil ruangan karaoke secara interior bagus namun secara akustik suara bocor tetangga dan sangat berisik.

Maka memahami klien berkata “yang penting tidak bocor” harus disikapi dengan bijaksana yaitu dengan analisa dan survey serta menuangkannya dalam bentuk bahan peredam suara, ketebalan suara dan teknik insulasi suara yang baik dan benar. Banyak dari klien menawarkan anggaran membuat ruangan kedap suara serendah rendahnya. Di sini sebagai jasa peredam suara profesional kita harus memahami faktor faktor yang dapat menyebabkan kebocoran suara dan hasil akhirnya.

Sound-Meter

Suara adalah energi yang dapat berpindah ke ruangan lain baik melalui medium gas seperti udara atau padat seperti tembok dan benda lainnya. Suara juga dapat menimbulkan getaran pada frekuensi tertentu sehingga meredam suara dalam ruangan diperlukan lebih dari sekedar tukang pasang peredam suara, namun keahlian menganalisa, mengukur daya kedap bahan material, mengukur ketebalan bahan peredam suara juga penting dilakukan. Ini baru berbicara mengenai peredam suara. Kita belum berbicara mengenai akustik suara.

Maka membuat ruangan peredam suara sebenarnya bukan hal mudah jika memang mengutamakan kualitas suara atau daya kedap suara bagi ruangan karaoke, bioskop, home theater, studio musik dan sebagainya. Bagi sebagian orang membuat ruangan peredam suara mungkin mudah karena dianggap  seperti mengisi partisi ruangan dengan bahan peredam suara. Nyatanya, memasang bahan peredam suara membutuhkan teknik insulasi suara, analisa kemampuan daya redam material yang digunakan, pengukuran kebisingan suara dan sebagainya.

Jadi jika membuat ruangan peredam suara itu mudah, maka tergantung dari kualitas yang dihasilkannya. Seperti membangun rumah semua kontraktor sipil bisa membangun rumah, namun bagaimana kualitas rumah yang dihasilkannya? Anda bisa membangun ruangan peredam suara dengan anggaran murah, bisa dengan berpatokan pada daya redam suaranya, bisa berpatokan pada hasil akhirnya. Maka banyak faktor yang menyebabkan hasil akhirnya, dari sisi biaya atau kualitas. Pepatah lama mengatakan ada uang ada mutu. Maka mutu yang baik pasti diperlukan uang yang lebih untuk mendapatkannya. Anda tidak mungkin membeli ferari dengan 100 juta rupiah.

Incoming search terms:

Please follow and like us:

Posted in: Peredam Suara Ruangan | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *