Memasang Peredam Suara Ruangan Home Theater di Rumah

Jika anda hendak membuat bioskop mini di rumah atau home theatre maka anda memerlukan untuk memasang peredam suara ruangan home theater di rumah, yaitu bahan peredam ruangan yang dapat memblok suara agar tidak keluar ruangan dan tidak mengganggu tetangga atau orang lain. Sehingga kenyamanan menikmati bioskop mini di rumah tidak terganggu oleh teguran tetangga sebelah.

Home theater pada prinsipnya memiliki frekuensi tinggi dan kita senang menikmati suara keras dari ledakan film atau sejenisnya persis seperti bioskop pada umumnya. Tentu suara keras dari home theater ini harus diredam agar tidak keluar dan caranya adalah memasang peredam suara ruangan.

PEREDAM HOME THEATRE

Peredam suara ruangan home theater, seperti pada umumnya peredam suara, memiliki kategori atau tingkatan kekedapan suara yang diserap dari bahan yang digunakan atau disebut dengan tingkat density. Umumnya kita mengenal tingkat kekedapan suara 70%, 80% dan 95%. Tingkat kedap suara ini ditentukan dari bahan material yang digunakan dan diukur dengan sound meter dalam ukuran decibel.  Bahan peredam suara ruangan home theater sendiri memiliki density mulai dari 16kg/m3 hingga 128kg/n3. Artinya semakin tinggi density bahan peredam suara ruangan, maka semakin bagus untuk menyerap dan memblok suara.

Namun bahan peredam suara tidak dapat berdiri sendiri atau bukan alat peredam suara tunggal. Melainkan harus dipasang dengan menggunakan bahan material lainya sesuai paket yang diambil seperti gypsum besi hollow atau metal stud dan metal runner, wallpaper, dan panel akustik ruangan.

Memasang peredam suara ruangan home theater di rumah memerlukan tahapan penting yaitu pembuatan desain ruangan, pemasangan peredam suara ruangan dan pemasangan panel akustik ruangan home theater. Apa itu panel akustik dan mengapa diperlukan dalam home theater?

Jika bahan peredam suara ruangan dipasang untuk membuat ruang kedap suara yang tidak tembus suara keluar ruangan atau masuk ke dalam ruangan, maka panel akustik berfungsi untuk meningkatkan kualitas suara yaitu menyerap kelebihan suara akibat adanya gema dan gaung dalam ruangan. Pemasangan yang salah dari peredan suara dan panel akustik akan membuat ruangan home theater menjadi bergema atau bahkan menjadi zona dead sound. Yang kita rasakan dari masalah ini adalah suara kacau dalam ruangan atau bahkan tidak berkembang dengan baik.

Berikut tips memasang peredam suara ruangan home theatre di rumah:

1. Gunakan peredam suara dengan tingkat kekedapan suara minimal 80%. Tujuannya agar suara tidak keluar ruangan atau ke tetangga anda.

2. Gunakan bahan peredam suara sehat aman dan bebas polusi sehingga anda juga bebas dari polusi akibat bahan peredam suara berbahaya.

3. Buat desain ruangan yang anda sukai sehingga anda merasakan berada di bioskop saat menonton film atau musik.

4. Gunakan jasa kontraktor peredam suara ruangan home theater berpengalaman sehingga anda mendapatkan hasil maksimal.

Untuk jasa kontraktor peredam suara ruangan home theater, kami menyediakan jasa desain ruangan home theater, jasa kontraktor pembuatan peredam suara ruangan home theater yang berpengalaman dan terpercaya. Kami melayani seluruh area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Denpasar, dan Seluruh Indonesia. Hubungi kami untuk informasinya. Terimakasih.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *