Material Lapisan Dinding Peredam Suara Ruangan

Sep 22, 2016 | | Say something

Berbicara mengenai lapisan dinding peredam suara, maka kita berbicara juga mengenai spek material dan jumlah lapisan yang dipasang pada dinding kedap suara ini. Umumnya daya kedap suara ditentukan dari material terpasang dan spek bahanya. Fungsi ruangan juga bisa berpengaruh pada lapisan dinding kedap suara akibat dari kekuatan suara yang harus diredam.

Teknik yang umum dipakai sebelum lapisan dinding peredam suara dipasang maka diperlukan analisa terhadap kekuatan suara, analisa struktur bangunan dan fungsi ruangan. Kemudian kita ukur frekuensi dominan dari suara dan lahirkan bahan material yang akan kita tawarkan untuk dipasang. Contoh mudahnya adalah memasang peredam suara studio musik. Sebelum kita memasang lapisan dinding peredam suara atau lapisan plafon peredam suara dan lapisan lantai peredam suara, kita lihat dulu posisi ruangan. Misalnya ada di ruko lantai 2 dengan perbatasan antar ruko hanya 1 dinding tembok dengan bahan material hebel dan diatas lantai 2 langsung plafon kosong dengan genteng tanpa duct. Lalu kita analisa ketebalan struktur lantai atau duct. Kita dapati hanya 12 cm tebalnya dan fungsi ruangan adalah studio musik untuk disewakan. Dari informasi awal kita bisa mempersempit material yang akan digunakan. Kemudian kita ukur dengan sound meter level didapati kekuatan kebisingan suara sebesar 65 decibel dalam ruangan. Pemilik studio musik menghendaki untuk diturunkan hingga 20 decibel.

dinding-peredam-suara

Dari informasi tersebut kita bisa memberikan penawaran berupa bahan material yang dipakai misalnya 2 lapisan bahan peredam suara yaitu glasswool dengan densitas 32 kg tebal 5 cm, rockwool densitas 100 kg tebal 5 cm, karet bantalan tebal 1 cm, lapisan gypsum 12 cm double dan dibuat dengan ruang hampa udara didalamnya. Maka dengan perhitungan tersebut kita bisa membuat lapisan dinding kedap suara dengan dominan pada frekuensi sedang dan tinggi. Untuk mengatasi frekuensi rendah kita bisa menggunakan lapisan karet bantalan yang tebal dan keras sehingga membantu low frequency terisolasi dengan baik.Sementara untuk finishing bisa dibuatkan dengan bahan material seperti cat atau wallpaper dan atau karpet. Namun uraian mengenai lapisan dinding material peredam suara itu bukan patokan baku, karena kita kembali harus menganalisa lingkungan sekitar dan ruangan dulu untuk mendapatkan hasil maksimal dalam daya redamnya.  Tanpa analisa ini bisa jadi suara akan tetap bocor dan tidak dapat diredam maksimal.

Metode analisa dahulu baru memutuskan bahan material yang digunakan dapat menghindari kesalahfahaman antara kontraktor peredam suara dengan klien yang umumnya tidak tahu banyak mengenai hal ini. Dengan analisa itu kita bisa memberikan penjelasan ke klien mengenai material dan target kekedapan suara yang hendak dicapai dan dipasang. Selain itu kita dapat pula menggunakan alat sound meter level untuk menganalisa kekuatan suara sebelum di treatment dan sesudah ditreatment. Alat ini bisa menjadi tolak ukur terhadap daya kedap suara yang kita tawarkan ke klien dari bahan material yang dipasang. Dengan demikian klien akan tahu dan faham mengenai hal ini.

Kembali kepada material lapisan dinding peredam suara, kita tahu bahwa mesin genset merupakan salah satu sumber kebisingan dengan tingkat kebisingan tinggi bisa mencapai 100 decibel. Maka teknik yang sama bisa kita gunakan untuk menganalisa kekuatan dan jenis frekuensinya serta target kekedapan suara yang dihehendaki. Maka kita bisa memasang bahan peredam suara rockwool dengan densitas tinggi serta aluminium foil serta wiremesh dan bahan material lain untuk mencapai daya kedap suara yang dikehendaki klien dari mesin genset tersebut.

Saran saya, jika anda mau membuat peredam suara ruangan baik untuk peredam suara studio musik, peredam suara karaoke, peredam suara home theater, peredam suara aula ballroom, peredam suara mesin genset dan lainnya, lakukan analisa terlebih dahulu lalu targetkan berapa decibel yang anda kehendaki untuk turun dan minta parameter terhadap hasil kerja pemasangan lapisan peredam suara ini baik dari dinding maupun lapisan peredam plafon dan lantai, maka dengan alat ukur sound meter level akurasi pekerjaan bisa lebih terjamin. Semoga berhasil. Untuk pekerjaan pembuatan dan pemasangan peredam suara silahkan hubungi tim profesional kami yang siap membantu anda dengan analisa dan teknik pemilihan material yang baik dan benar. Sukse buat anda. Kamsia!.

Incoming search terms:

Please follow and like us:

Posted in: Bahan Peredam Suara | Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *