Bahan Peredam Suara Semprot Spray

Satu lagi bahan peredam suara atau kedap suara yang banyak digunakan adalah bahan peredam suara semprot atau spray. Bahan yang umum digunakan untuk peredam semprot adalah Polyurethane Foam. Polyurethane bisa ditemukan pada berbagai macam benda di sekitar kita. Misalnya saja, pada cairan pelapis dan cat, elastomer keras seperti pada roda roller blade, penyekat berbahan keras, busa lentur yang lembut, serat elastis, atau sebagai kulit utuh. Namun apa pun wujud polyurethane, hal yang perlu digarisbawahi adalah, bidang kimia tersebut merupakan hasil dari kejeniusan seorang Prof. Dr. Otto Bayer (1920-1982). Beliau dikenal sebagai “bapak” industri polyurethane, karena beliaulah tak lain sang penemu proses diisocyanate polyaddition.

Spesifikasi polyurethane foam adalah:

  • Kedap Panas,Air Suara
  • dengan tebal 1 Inch mengurani 40-45% pengaruh dari temperatur luar (heat reduction = 40-45% per 1 inch)
  • mudah dicetak, dipotong dan diwarnai
  • Rigid, kaku dan ringan
  • Material yang dilapisi menjadi lebih kuat
  • Memiliki sifat rekat yang sangat baik
  • Mudah dalam pemasangan
  • Daya tahan yang baik (Garansi 10 tahun)

 Fungsi Spray Polyurethane Foam :

1. Peredam Panas / Penahan Panas
2. Peredam Suara dari luar dan dalam.
3. Anti Korosi, kondensasi,anti jamur,anti lumut, dan aman bagi kesehatan.
4. Mengurangi resiko kebocoran pada atap.
5. Menjaga suhu dalam ruangan tetap stabil, tetap sejuk sekalipun tanpa AC.
6. Insulasi tanpa celah / tanpa sambungan.
7.  Mencegah retakan dan perlindungan terhadap cuaca yang ekstrim.
8.  Hemat pemakaian listrik, menghemat kerja pendingin AC.
9   Ringan sekali dan bebas biaya pemeliharaan.
10. Pemasangan cepat, dan kekuatan seumur bangunan.

“Dalam suatu penelitian  disebutkan bahwa 1% celah yang terjadi akan menurunkan 15% efektivitas kinerja insulasi peredam panas dan 5% celah akan menurunkan hingga 50% efektivitas kinerja insulasi peredam panas”

Polyurethane dibentuk dari reaksi antara polyol (alkohol dengan lebih dari dua grup hidroksil reaktif per molekul) dengan diisocyanate atau polymeric isocyanate dengan ketersediaan katalis yang sesuai serta bahan-bahan tambahan. Karena keragaman diisocyanate dan luasnya rentang polyol dapat digunakan untuk memproduksi polyurethane, sedangkan besarnya keanekaragaman bahan dapat diproduksi untuk memenuhi kebutuhan aplikasi khusus.

Sebagian besar polyurethane merupakan bahan thermoset; tidak bisa dileburkan dan dibentuk ulang seperti halnya bahan thermoplastic. Polyurethane juga terdapat dalam berbagai bentuk, seperti busa lentur, busa keras, pelapis anti bahan kimia, bahan perekat, dan penyekat, serta elastomers. Busa keras polyurethane digunakan sebagai bahan penyekat pada gedung, pemanas air, alat transport berpendingin, serta pendingin untuk industri maupun rumah tangga. Busa ini juga digunakan untuk flotation dan pengaturan energi.

Busa lentur polyurethane digunakan sebagai bahan pelembut pada karpet dan kain pelapis furniture, kasur, dan mobil. Busa tersebut juga digunakan sebagai pengepak barang. Perekat dan penyekat polyurethane digunakan dalam konstruksi, transportasi, kapal, dan kegunaan lain yang membutuhkan kekuatan, tahan lembab, serta sifat tahan lama dari polyurethane tersebut.

Polyurethane Foam digunakan untuk insulasi peredam panas,peredam suara,peredam dingin dan digunakan untuk mempertahankan ruang suhu ruangan agar tidak boros dalam pemakain ac. PU Foam paling efektif untuk penyekat suhu karena menggunakan metode semprot dan akan mengering dalam 5 detik,sehingga semua cela cela yang menghantarkan panas atau suara akan tertutup dengan sempurna tanpa ada sambungan.

PU Foam bisa diaplikasikan di hampir semua bidang material baik dari atap zincalume,atap onduline,dak beton,plafond gypsum,GRC board,dinding dll. PU Foam digunakan untuk kebutuhan industri skala besar yang saat ini semakin banyak digunakan untuk kebutuhan seperti ruang mesin,ruang pendingin,workshop,bengkel,kantor,hotel,ruang karaoke,atap zink,dll

Keunggulan Polyurethane Foam
1.Spray langsung pada media
2.Tidak perlu perawatan
3.Memiliki daya rekat yang baik karena tidak rontok
4.Hasil insulasi tanpa cela
5.Insulasi sempurna baik bidang vertikan dan horizontal
6.Anti rayap,tikus dan jamur
7.Tidak menyebabkan iritasi ( eco friendly )
8.Sangat ringan sehingga tidak membebani kontruksi
9.Proses insulasi sangat cepat karena akan mengembang dan mengering dalam waktu 5-10 detik.
10.Awet dan tahan lama

Peredam suara semprot spray pada umumnya memiliki densitas 80 kg/m3. Dengan ketebalan pemasangan mulai dari 1 cm, 2 cm, 3 cm, 4 cm hingga 10 cm, maka peredam suara semprot memiliki banyak kelebihan. Dengan ketebalan 5 cm saja nilai sound transmition class (daya serap suara) bisa mencapai 22 decibel. Artinya mampu memblok suara hingga 22 db dengan dominan pada mid high frekuensi.

Untuk anda yang membutuhkan peredam suara semprot, peredam suara panas semprot, peredam spray, peredam suara plafon, peredam suara dinding, peredam suara ruangan silahkan hubungi kami segera. Harga peredam suara semprot, biaya pemasangan peredam suara semprot dapat kami berikan dengan penawaran khusus. Terimakasih.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *