Bahan Kedap Suara atau Peredam Suara

Jan 4, 2016 | | 1 comment

Umumnya orang awam akan mengartikan bahan peredam suara sebagai bahan yang dapat memblok suara agar tidak keluar masuk ruangan sehingga suara bising dari luar atau dalam ruangan tidak mengganggu. Bahan kedap suara berbeda dengan bahan penyerap suara. Seperti yang kita ketahui bahan kedap suara adalah bahan yang digunakan untuk memblok energi suara agar ruangan tidak bogor. Ibarat ember yang digunakan untuk menampung air, maka bahan kedap suara adalah ember yang tidak bocor.

Bahan kedap suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan. Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Internal-Wall-Insulation

Bahan kedap suara dipengaruhi oleh ketebalan bahan yang digunakan untuk melapisi lapisan dinding, plafon atau lantai. Umunya bahan peredam suara ini diukur dengan Sound Transmission Classs (STC). Semakin tinggi STC, pada umumnya semakin baik bahan tersebut bekerja menahan energi suara (dengan catatan, spektrum TL nya perlu diperhatikan, karena STC hanya dihitung berdasarkan frekuensi 125 – 4000 Hz, sehingga tidak menunjukkan kinerja di luar range frekuensi tersebut).

Maka penerapan bahan kedap suara dapat diaplikasikan pada semua jenis ruangan dengan fungsi yang berbeda beda dan sesuai keinginan. Bisa digunakan pada peredam ruangan studio musik, peredam ruangan karaoke, peredam ruangan kelas kursus musik, peredam suara ruangan kamar tidur, peredam suara mesin genset, peredam ruangan auditorium, peredam ruangan hall ballroom dan sebagainya.

Sebelum menerapkan bahan peredam suara yang digunakan, maka diperlukan analisa lokasi ruangan sehingga treatment yang dilakukan dapat maksimal menciptakan ruangan kedap suara bebas bising. Survey ini mencakup struktur bangunan, lokasi ruangan, tingkat kebisingan suara, fungsi ruangan dan sebagainya. Hasil dari survey akan keluar proposal dan rencana anggaran biaya. Maka hasilnya pasti berbeda beda meski ukuran ruangan dipasang peredam suara sama.

Maka untuk menyiasati hal ini diperlukan kejelasan informasi tentang frekuensi suara yang hendak dipsang serta berapa decibel ruangan kedap suara yang dicapai. Dengan demikian pengukuran ini akan lebih akurat dan mampu menjelaskan bahan peredam suara/kedap suara yang digunakan.

Bagi anda yang mau membuat ruangan kedap suara atau ruangan peredam suara silahkan hubungi kami. Kami bekerja sebagai konsultan dan kontraktor peredam suara yang jujur dan fair. Terimakasih

TELP KONTRAKTOR PEREDAM SUARA1

Incoming search terms:

Please follow and like us:

Posted in: Bahan Peredam Suara | Tags: , , , , , , ,

One Response

  1. Sistem penilaian kedap suara STC standar tidak selalu berguna. Sistem penilaian ini tidak memperhitungkan frekuensi apa pun di bawah 125 Hertz, yang di antaranya berasal dari suara musik, lalu lintas, pesawat terbang, dan konstruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *